Rabu, 22 Juni 2011

halo penulis ,sastra dan tulisan

“Hai kusuma ,sebenernya isi blog kamu apa aja sih ?”
Well pertanyaan itu spontan ditanyakan seorang teman yang sudah lama ingin membaca blog gua dan baru tadi diview .trus gua mikir ,bener juga sih ,sejak awal gua nulis disini gua kurang konsisten dengan genre tulisan gua .kadang aromanya politik ,kadang galau ,kadang apalah .tapi gua akan menjawab pertanyaan teman gua di entri ini .sekaligus menguak “siapa gua” dari blog gua .

Disini gua akan memulai dengan definisi tulisan itu sendiri .hehe .berbanggalah gua ,karena gua adalah satu dari kelangkaan penulis imajinatif yang sekarang masih rajin berkarya (walaupun karyanya ga ada yang ngakuin sih HAHA !HINA BGT GUA) .menulis itu sebenernya susah gampang .
Semua orang bisa menulis kok ,bahkan ketika balita gua sudah bisa menulis INI IBU BUDI dengan sangat mahir ,itulah menulis .namun menulis versi gua bukan sekedar menulis anggota keluarganya si budi diatas kertas dengan crayon atau pensil warna .tapi menulis gua katakan menulis ketika menghasilkan bacaan yang isinya berbobot dan KENA !
Semua orang bisa menulis kok ,tapi Cuma sedikit orang yang bisa member bobot pada tiap tulisannya .jaman sudah semakin instan dan canggih .orang-orang selalu ingin sesuatu yang innovative .termasuk dalam menerima suatu pengetahuan yang setiap waktu akan selalu berkembang .oke bahasa gua sudah mulai agak berat .gua akan ganti dengan sebuah contoh kecil .
Metode pembelajaran sekarang lebih sering digunakan adalah metode presentasi dimana kita akan menonton tulisan bergerak berwarna-warni dan terkadang ada animasi didalamnya agar para audience lebih tertarik kan ?berbeda dengan puluhan tahun lalu ketika orang masih mengandalkan tulisan dimedia cetak untuk memperoleh pengetahuan .dan itu membuktikan bahwa peminat tulisan yang berbobot sangatlah jarang ditemui .
Lihat aja penulis penulis novel yang dulunya tenar sekarang mulai meredup dan beralih sebagai penulis scenario film ?itu bukan karena mereka sudah tidak berasah dalam bidang mereka menulis ,tapi karena peminatnya yang kian langka .
Orang jaman sekarang males baca .apa aja maunya yang menarik dulu baru dibaca .jadi sebisa mungkin penulis yang ingin tulisannya dibaca lebih memikirkan bagaimana agar tulisannya menarik secara tampilan .bukan memikirkan isi dan bobot dari tulisan yang akan mereka buat .mikir gimana caranya biar ditulisannya ada gambar gerak ,gimana biar ada suaranya .gimana biar tulisannya warna-warni ,heehee .menurut gua itu akan mengurangi citra penulis itu sendiri .
Kalo gua bilangnya “kalo mau nyastra jangan setengah-setengah” begitu sih gua bilangnya kalo ada yang konsultasi mau nulis apaan .Kesimpulan Pertama ,ga semua penulis itu bisa menulis tulisan yang berbobot didalamnya .
Bahasan selanjutnya tentang imajinasi ,pengolahan kata dan komposisi tulisan .hehe .kalo yang ini sih sebenernya tergantung attitude penulisnya .ini Declaration Of Human Rights kok guys .so kalo mau nulis dengan gaya yang contohnya : “4L4y” itu terserah penulis .tapi pikirkan juga nasib malang pembaca yang harus buka kamus alay tiap baca tulisan kalian .kalo attitude gua nulis ,jujur gua adalah orang yang imajinatif ,akut bahkan .jadi gua akan menulis dengan konotasi yang kadang orang ga paham .sengaja .KENAPA ?gua pengen orang yang mau ngerti satu kalimat gua harus berpikir dulu .kira-kira maksudnya apa .gitu .gua ga takut apa yang mereka tangkap dari tulisan gua akan berbeda dengan apa yang gua paparkan .karena kembali lagi ,itu adalah Declaration Of Human Rights .dan emosi adalah hasil persepsi individu bukan ?hehe
Orang yang imajinatif sangat banyak .tapi jarang sekali ada orang yang menuangkan imajinasinya kedalam sebuah tulisan dan pengolahan kata yang pas .mungkin mereka yang imajinatif lebih memilih menuangkan imajinasinya ke gambaran ,alunan nada ,atau suara .dan kemudian itu akan disebut “Seni” .(iklan sebentar ,gua mau buang air seni dulu !yesss gua seni !)
Kesimpulan kedua ,ga semua orang imajinatif itu bisa menulis .


Gua akan sangat bahagia ketika seseorang yang tanpa gua suruh ,baca blog gua .dan coment .
“gua uda baca blog lo .keren” dan ketika seseorang kasi testimonial ke gua ,gua akan sangat tersipu ,ngangkat dagang bubur ayam dan berseru BERHASIL ,BERHASIL ,BERHASIL ,HOREEE !
Niat terbesar gua adalah buat buku ,tapi cukup blog gua dibaca dan pembaca suka ,gua bahagia (nangis ,potong tumpeng )
Hampir tiga tahun ngeblog ,ga Cuma komentar manis aja yang gua dapet .dulu pernah disamperin temen kerumah sekalian dia copy lagu .dia teriak tepat di telinga gua
“gua uda baca blog lo” gua berbinar ,gua sangat percaya diri bahwa ini orang bakal muji blog gua .but saking PD-nya gua ,gua jadi meluncur ke jurang ketika dia bilang “lo sebenernya nulis apasih ?gua ngantuk bacanya” haha .gua paham ,blog gua isinya tulisaaaaaaaaaaaaan mulu sampe orang riweuh banget mau baca .
Cuma sangat sedikit gua menemui orang yang menyimak bacaan gua sebenernya hehe .dan gua sangat mencintai orang yang bisa menebak karakter gua dari cara gua menulis .sampe saat ini belum gua temuin model manusia yang semacam itu .
Sebenernya ,ketika intuisi seorang sastra ,dia akan sangat mendetail mengkoreksi apa yang ia anggap patut untuk diamati .jadi ketika dia memang sastra ,dia mengamati ,dan memahami baru kemudian akan memberikan testimonial .

BLOGGING ,sampe detik ini belum keluar aturan perundangan resmi tentang bagaimana caranya blogging ,but over all ,berbanggalah ketika lo punya blog ,isinya padat dan lo fungsikan .karena ga semua orang bisa buat blog .
Paham liberalisme yang dianut penduduk blog sangat membuat nyaman para blogger ,tidak seperti aturan main yang dibuat sendiri oleh pengguna blackberry messanger atau twitter yang seleneh dikit menghina tindakan orang lain .THATS IDIOT !hehe
Berbanggalah dengan blog kalian .tulis apa yang ingin kalian tulis .
Menurut hasil penelitian yang sempet gua baca di google ,seorang blogger otak kanannya 30% lebih maksimal difungsikan ketimbang orang biasa .well ,tertarik untuk blogging ?lets sign up !

1 komentar:

  1. Besok ikut kelas menulis di Sloka yah, biar agak terstruktur tulisan. Udah bagus, kirim email ke info@sloka.or.id bilang tolong di contact kalau sudah ada kelas menulis anggkatan baru. Lihat di web mereka http://www.sloka.or.id

    atau gabung sama "Komunitas Sahaja" kamu bisa email mereka di komunitas.sahaja@yahoo.com atau tanya sama salah satu membernya @frischa_swarini mereka penulis2x muda yang kweren.

    BalasHapus