Selasa, 24 April 2012

dear my best brother ,likmang

mungkin beberapa tahun lalu ,atau mungkin beberapa postingan yang lalu gua sempet cerita tentang kakak sepupu gua ,namanya indra .gua sering panggil dia likmang ,dan dia adalah kakak laki-laki terbaik yang pernah gua punya seumur hidup gua .
dia beberapa tahun lebih tua dari gua ,dia anak terakhir dari tiga bersaudara dikeluarganya .dan gua memang lebih dekat dengan keluarganya ketimbang keluarga gua yang lain .SERU!
jadi jaman dulu waktu gua dan dia masih sama-sama single ,kita sering jalan bareng ,nonton bareng ,having fun ,dugem bareng dan waktu gua dalam masa down "waktu itu" sekalipun ,dia adalah satu satunya orang yang nemenin gua dari A-Z dan bantu gua buat move on lagi !
kita sering ketawa bareng ,seru-seruan ,dan entah kenapa kita selalu nyambung dalam segala hal .
awal gua tau dia itu "baik" waktu dia baru pulang dari SINGAPORE ,dan gua lagi nginep dirumahnya (gua emang sering nginep disana) ,dia kasih gua baju warna pink ,lucu banget sama coklat spore !waktu itu gua masih SD ,dan sama sekali GA KENAL sama dia !iyuh ~
satu moment yang paling ga akan gua pernah lupain adalah waktu itu gua masih SMP ,dan gua nginep di rumahnya beberapa hari karena kebetulan lagi liburan .dirumahnya waktu itu ada party kakaknya ,kalo ga salah sih birthday party gitu .dan gua gamau sebutin masalahnya apa ,dia dan orang rumah sempet having trouble dan karena kesel ,dianya pergi dari rumah ,waktu itu gua diem aja ga berani ngomong ato sekedar nenangin dia karena waktu itu guanya jg belum terlalu deket sama dia dan waktu itu gua masih SMP (apasih yang orang bisa andelin dari kata-kata anak SMP?) .dia pake baju merah (sedetail itu otak gua merekam) keluar gerbang dan sampe malem dia ga balik balik .kita semua panik karena dia ga ada dikamarnya .
modek (kakak perempuannya) nyuruh gua buat nyoba hubungin dia ,sementara yang lain masih sibuk party dibawah .dan entah kenapa gua kepikiran buat ngechek ke kamarnya dilantai atas .emang ga ada siapa-siapa sih .jadi guanya cuma naruh minum yang gua bawa diatas meja kamarnya ,dan ngebuka gorden jendelanya sedikit buat ngeliat keluar (waktu itu uda malem) .dan ASTAGA .gua ngeliat likmang lagi duduk di balkon ,sendirian !gua samperin dia pelan-pelan ,dan gua duduk disebelahnya .
then ,kita selonjorin kaki kita ke genteng dibawah balkon ,disana gua mulai nanya nanya dengan pendekatan super halus masalahnya seperti apa .akhirnya kita larut dalam pembicaraan kita yang entah sampai kemana ,malah jadi ketawa-ketiwi .jujur waktu itu gua seneng plus lega banget ,kenapa ?setidaknya ,gua yang masih SMP ini bisa bikin dia ketawa lagi ,selagi dia ada masalah yg bikin dia (maaf) nangis waktu itu .
gua seneng banget !sampe sampe waktu gua nulis entri ini ,gua nangis .
then ,semakin gua nambah gede ,gua semakin nyambung sama dia .gua juga sering jalan bertiga (gua ,likmang ,modek) seru-seruan bareng .trus modek mulai punya pacar ,dan lebih sering sama pacarnya .jadi gua akhirnya lebih sering berdua sama likmang .
kalo likmang suka galau ,ato kebalikannya ,gua yg galau (emang lebih sering gua sih) ,kitanya jalan bareng ,ketempat tempat baru ,nyoba nyoba tempat keren .dan karena dia uda gawe ,otomatis uda berduit ,dia sering nraktirin gua .
tempat apa yang ga pernah kita datengin berdua ?sembahyang dibukit tanah ampo bareng ,renang ,nonton ,tiduran ,dugem ,jogging ,sepedaan ,makan kalap ,arena bermain ,dan banyak tempat lainnya yang uda pernah kita datengin bareng .
dia selalu dan sangat selalu dengerin cerita gua ,tentang apa aja ,tentang yg bahkan sahabat gua tau !tentang yang termasuk ke dalam aib gua sekalipun ,dan dia selalu menghargai ,menemani bahkan memberi solusi terbaik buat gua !
begitu banyak kesamaan diantara kita ,sangat banyak .itu kenapa kita selalu HEBOH dimanapun kita .sampe akhirnya gua masuk asrama ,dan dia ketemu pacar barunya ,mari sebut saja dia "bunga" .jadi waktu itu gua sedikit ada trouble sama bunga karena "kecemburuan"nya akan masalalu gua sama likmang .
dan bunga sempet nyamperin gua ke asrama gua malem-malem buat ngeributin display picture bbm gua yang selalu foto bareng likmang (oh my ,apalah arti sebuah foto) .padahal awalnya gua bisa temenan di bbm sama bunga ,karena waktu acara DJ RIRI di boshe ,gua ketemu mereka dugem bareng dan gua yang ngajak ngobrol bunga duluan ,gua melakukan pendekatan halus ,gua berharap gua diterima sebagai adik pacarnya (waktu itu gua dua denger kalo bunga rada jealous sama gua) .demi apapun ,gua melakukan pendekatan ke bunga ,minta pin bbnya ,tulus dari dalam hati gua ,karena gua bener-bener menghargai dia sebagai pacar kakak gua .sama sekali ga pernah gua berpikir dia ngerebut likmang dari gua ,demi Tuhan gua bersumpah diblog ini ,gua ga pernah iri atau benci sama bunga (waktu itu) .
dan karena pertengkaran hebat gua dan bunga di asrama waktu itu sampe gua dimarah satpam asrama dan diancem bakal dilaporin ke yayasan ,mama marah super besar ,mama mau nanya sama likmang no hp bunga ,mau nelvon segala macem .sempet agak ribut dirumah karena kejadian itu ,kakak ketiga gua ,namanya dewi ,akhirnya ikut angkat bicara ,dia ngasi saran ke mama buat ga ikut campur urusan anak muda ,kak dewi takutnya merembet ke masalah keluarga ,jadi mama mutusin buat ngomong baik baik ke tante gua .oke selanjutnya gimana cerita dari pihak mereka ,gua kurang paham dan gua ga mau cari tau seperti apa .yang gua liat beberapa bulan ke depan ,gua lupain masalah itu ,gua hidup dengan kesibukan gua sendiri begitupula mereka .mungkin bunga ga ngasi likmang buat keeping contact sama gua ,itu cuma mungkin .soalnya sampe detik ini ,gua sama likmang ,seperti orang yang ga kenal satu sama lain ,seperti orang lain (yak di beberapa kalimat terakhir ,gua nangis lagi) .
kita ga follow-follow-an di twitter ,ga temenan juga dibbm ,kita bisa dibilang LOST CONTACT .gua santai ajasih ,pikiran gua toh juga kita ga akan pernah ketemu ,atau ada urusan yg mempertemukan kita .jadi gua nyoba buat biasa aja ,padahal sebenernya gua kangen banget bareng dia lagi .
dan bulan april ini ,sepulang gua dari praktek lapangan dua bulan di gianyar ,gua denger dari orang rumah kalo liktu (kakak pertama likmang) mau married .gua selama praktek lapangan jarang banget dapet signal full di bb gua ,padahal gua temenan di bbm sama liktu ,masa iya dia ga ngasi tau kalo dia mau married ?
akhirnya gua nanya sama dia ,making sure bener ato engga ,dan ternyata yang married bukan dia tapi likmang .informasi salah yang bokap gua dapet .
waktu denger berita itu ,sumpah demi apapun ,gua seneng banget ,sangat seneng !gua kaget iya ,tapi gua seneng aja dengernya kalo dia mau married .finally ke jomblo-annya yang menggila dulu ,ditambah beberapa waktu masa pacarannya ,dia akhirnya nikah .gua seneng !ga pernah sedikitpun gua naruh dendam sama bunga ,apalagi likmang .
gua buka FB likmang ,dan liat di wallnya "prewed photos" mereka ,ih lucu !emang sih likmang photogenic ,gua liat liat semuanya dan finally gua wall dia bilang "congrats" ,dan dia bales .apa gitu gua lupa balesannya apa .
resepsi mereka tanggal 7 april (itupun gua denger dari sahabatnya likmang) ,rencana dateng ,karena uda janji sama modek buat bantuin dia jadi penyambut tamu .hihi .gua uda antusias banget kesana .kebetulan juga tanggal 7 itu hari sabtu ,long weekend so bisa banget disana diem .hehe
tapi pagi-pagi gua dibangunin mama sebelum mama berangkat kerja (waktu itu gua libur jadi bangun agak siang) ,mama bilang "gausa kerumahnya likmang kalo kamu ga diundang langsung sama likmang" ,gua yang waktu itu setengah sadar nyaut "tapi modek yang nyuruh dateng buat bantu bantu" dan mama bersabda terakhir dengan tegas "yang punya acara kan likmang ,kalo kamu ga diajakin sama dia ya jangan kesana .gamau kamu kenapa kenapa lagi gara gara bunga" kemudian HENING ..dan gua ga berani kasi kabar ke modek kalo gua batalin janji gua .SEDIH !
ini pernikahan kakak terbaik gua ,dan gua ga dateng .how nice me ?

gua sempet ngeluh sama Tuhan beberapa tahun lalu "Tuhan ,kenapa Tuhan ambil pria pria hebat dalam hidupku dalam satu waktu sekaligus ?" karena waktu itu gua ngerasa kehilangan ,kehilangan banget !kehilangan pria pria yang menenangkan gua (biasanya).
sampai detik ini ,gua ga pernah ketemu lagi sama dia ,bahkan di jejaring sekalipun ,keinginan bertegur sapa ,tapi gua menjaga betul perasaan bunga .gua gamau prasangka buruknya tentang gua terulang lagi sampai menimbulkan pertikaian besar juga ,gua gamau .jadi emosi gua ,amarah gua ,benci gua ,gua hilangkan ,gua hapus ,gua maafkan ,bahkan berusaha buat gua lupakan ,karena gua ga mau menganggap likmang menjadi hal buruk dalam hidup gua .karena ,selamanya ,dia akan tetap menjadi seseorang yang "pernah" menjadi yang terbaik di hidup gua .
oya ,sampai detik ini pula ,gua ga nemu sosok kakak laki-laki seperti dia ,entah itu di keluarga gua sendiri ataupun di lingkungan pergaulan gua yang notabene dominan laki-laki juga .

doa gua untuk likmang
"selamat untuk pernikahan manisnya ,semoga menjadi kepala keluarga yang bijak yang pada akhirnya akan menjadi ayah yang bijak pula untuk anak-anakmu kelak .Semoga pernikahan kalian juga akan menjadi pernikahan terakhir di hidup kalian ,bersama-sama dalam keadaan senang ,sedih ,sakit ,tua ,dan tidak terpisahkan oleh apapun ,maaf adikmu yang kurang beruntung ini tidak bisa hadir menjadi saksi pelepasan masa lajangmu yang penuh kegilaan itu ,semoga kita akan bertemu lagi dilain kesempatan dengan cerita yang baru tanpa melihat masa lalu ,ohya ,aku sayang likmang"


ini adalah beberapa foto kita :

 ini kita di wedding alit (kakak gua)

 ini kita lagi dugem gila

ini kita lagi renang !

 
ini foto terakhir kita bareng ,lagi sepedaan kesanur dan
 berenti pinggir jalan karena dia mau pinjem headset

2 komentar:

  1. (˘̩̩̩⌒˘̩̩̩) I know..ikutan nangis..be strong plz..berdoa aja yah..suatu saat smua bakal baik2 aja..dan kt semua bakal jd sahabat kepompong lg ky dulu (づ ̄ ³ ̄)づ

    BalasHapus
  2. Dear Putu,

    Terharu baca blogmu. Makasi yah.

    Terima kasih jg untuk doa nya.

    Km tetap adikku yg terlucu dan yg ter-ababil (piss)

    Jaga diri yah.

    Lik Mang

    BalasHapus