Minggu, 10 Juli 2011

sebuah keindahan dalam keterbatasan

Pernahkah kita berfikir tidak mampu dalam melakukan suatu hal ?pernahkan kita merasa putus asa dalam memecahkan sesuatu ?atau mungkin pernahkah kita akan menyerah ketika menghadapi hal yang rumit ?begitu pendek akal manusia ketika menemui jalan buntu menurut anggapan mereka .
Tapi tidakkah kita menyadari sebelum kita merasa tidak mampu melakukan sesuatu ,kita telah lebih dulu melakukan lebih banyak hal .
Manusia itu terbatas .banyak hal yang sebenarnya tidak bisa manusia lakukan .tapi karena mereka terlalu pintar menutupi keterbatasan mereka ,manusia selalu dianggap segalanya .
Bukankah manusia dilahirkan membawa dua kantong yang sama isinya ?kantong yang berisi kelebihan dan kantong lainnya yang berisi kekurangan .banyak manusia mendapat peran di dunia ini Karena mereka sangat pintar menonjolkan kantong kelebihan mereka .tapi sangat malu untuk menunjukkan isi kantong kekurangan mereka .
Manusia yang melebihi kata indah adalah manusia yang mampu menceritakan isi kantong kekurangannya kepada siapapun namun selalu diseimbangkan dengan mengapresiasikan kantong kelebihannya untuk membantu siapapun .begitu indah ketika seorang manusia mampu melihat kelebihan seseorang dari kekurangannya terlebih terhadap diri mereka sendiri .sangat indah .
Ada apa dengan keterbatasan ?bukanlah suatu masalah kita sebagai manusia masih dalam batas tertentu ketika melakukan sesuatu .itu tidak masuk kedalam kekurangan .keterbatasan akan menjadi sebuah kekurangan apabila seorang manusia tidak mampu membuat batasan untuk dirinya sendiri .
Keterbatasan sangat menarik dan indah .
Hanya saja manusia belum mampu menilai dan belum menemukan cara untuk melihat keindahan dari keterbatasan mereka .mengapa begitu sulit untuk menemukan keterbatasan diri sendiri tapi selalu mampu membatasi orang lain ?itu karena mereka tidak cukup indah untuk memahami keterbatasan .
Begitu banyak yang telah kita lakukan sejak kita lahir .menangispun menjadi suatu kelebihan ketika kita melihat masih banyak manusia didunia ini dilahirkan tanpa kemampuan menangis .namun manusia akan merasa tidak berguna ketika tidak mampu melakukan sesuatu .kenapa kita tidak mencoba untuk berfikir bahwa ketidakmampuan kita melakukan sesuatu adalah sesuatu yang istimewa atau mungkin melihatnya sebagai keterbatasan yang indah .
“aku takut ketika matahari menerawang aku dan sejuta tanggung jawab di setiap pagi”
Sebuah kalimat yang berarti akan memulai suatu hari dengan keputus-asa-an .begitukah semua manusia didunia ini menghadapi setiap paginya ?
Bagaimana jika kita memulai untuk memahami keterbatasan kita menjadi (janganlah menjadi kelebihan dulu) keindahan .alangkah keterbatasan akan menjadi sangat istimewa bukan ?
Mulailah esok hari .
Selamat malam ~ 8 july 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar