Senin, 24 Oktober 2011

membaca dan menulis

mungkin untuk beberapa orang yang udah pernah menjamah tulisan gua di blog ini sempat berfikir bahwa gua adalah orang yang setengah manusia dan sisanya setengah mateng bak telor mata sapi buatan nyokap kalo lagi liburan .
disini gua sudah berulang kali posting dengan penjelasan menggunakan bahasa yang gua banget (RIBET) ,jadi sepertinya sangat minim sekali orang bisa mengerti bahasa dan alur postingan demi postingan gua .
beberapa yang udah pernah main main ke blog gua bilang kalo gua ada bakat menulis ,dan tulisan gua itu sampe membawa perasaan mereka larut didalamnya ,padahal seinget gua ,gua ga pernah mengisi postingan gua dengan air panas (apadeh)
sebenernya ,nulis itu bukan hobby gua ,nulis itu seperti satu anugerah yang Tuhan kasi buat gua ,jadi ceritanya waktu malem malem gua dilahirin sama nyokap ,ada bisikan dari Tuhan "kusuma ,kamu akan terlahir untuk suka menulis" dan alhasil setelah brojol ,gua meminta bolpoin untuk menulis "terimakasih" kepada petugas kesehatan yang melahirkan gua .
menulis buat gua itu semacam mood ,jadi kalo mood gua sedang error ,gua akan menulis seperti sedang gangguan jiwa ,tapi kalo gua lagi galau ,mungkin bahasa gua akan semakin berat semacam bahasa puisi om gua ,Chairil Anwar .
kalo ditanya sejak kapan gua suka nulis begini ,jawaban gua pastinya LUPA .
menulis yang gua rasakan adalah mengalir ,kata demi kata ,kalimat demi kalimat ,paragraf demi paragraf blablabla
sebelum gua punya laptop ,gua dulu suka nulis di buku kecil apapun ,cerita cerita pendek yang based from my true story ,cinta ,teman ,apalah .dan sesekali gua menunjukkannya kepada marlyn ,classmate gua waktu itu .dia bilang cerita gua oke .dan saat itu gua terus menulis .
awalnya gua suka sebuah tulisan itu saat masih di bangku SMP ,waktu itu gua iseng ke perpustakaan ,minjem cerpen tua jadul dengan cover yang busuk abis ,entah kenapa gua register ke library untuk baca buku macam begitu .judulnya apa gua lupa yang pasti ada "anggrek"nya .
tentang percintaan versi dewasa ,dan AWESOME .gua sangat suka gaya bahasa penulisnya yang menggunakan bahasa baku ,seperti sastra lama ,dan kemudian gua yang masih polos begitu larut dalam tulisan yang untuk seumuran gua lumayan rumit dimengerti .
lagi-lagi gua kembali ke perpustakaan dan mencari-cari buku sejenisnya .
semakin remaja ,gua mengubah hobby ke perpustakaan gua dengan membaca novel novel teenlit yang lagi ngetrend di jaman gua waktu itu .
kebetulan di sebelah sekolah gua ada penyewaan komik dan novel namanya "jaya's" masih inget banget gua no kartu identitas gua di jaya's itu 1775 ,karena saking seringnya gua meminjam buku-bukuan disana .
novel yang gua suka pinjem itu novel yang best seller ,yang bahasanya easy-reading abis karena untuk remaja ,jadi dibuat sedemikian rupa oleh penulisnya yang juga remaja agar mudah dimengerti .gua lupa novel teenlit pertama gua apa .
setelah beberapa teenlit dengan gaya bahasa remaja gua baca ,gua mengubah genre novel gua ke karya agness jessica ,mungkin pembaca udah pada tau siapa beliau .
ceritanya yang alurnya rumit ,flashback ,dan ga mudah ditebak endingnya ,tokohnya yang ga cuma 2 atau 3 tapi banyak yang berperan penting dalam cerita ,dan yang pasti bahasanya baku .
karena gua sudah berpengalaman membaca cerpen "angrek" diperpustakaan sekolah dulu ,jadi gua tidak menemui kesulitan untuk membaca novel karya agness jessica ini .
gua mengikuti setiap novel novel keluaran agness jessica terbitan gramedia saja .
peluang kedua ,piano di kotak kaca ,dan banyak lagi gua lupa judulnya .
gua emang suka membaca ,apa saja .kata nyokap sih gua TK udah bisa baca koran ,entah bener ato engganya gua lupa .
gua suka baca ,yang berbau informasi ,entertainment ,kriminal ,teknologi ,gua intinya suka membaca .setelah gua SMA ,gua merubah haluan hobby ke olahraga ,dan kesibukan akademik membuat gua jarang punya waktu untuk membaca lagi .
setelah gua bawa gadget dan mampu mengakses internet dimana saja ,hobby gua semakin dipermudah .gua bisa membaca lewat satu kali klik .easy .
gua biasa baca berita atau mungkin gua mencari sinopsis dan referensi novel yang keren buat dibaca ,terus kalo ada duit lebih ,gua nyempetin diri beli .atau kalo lagi bener-bener abis bacaan ,biasanya sahabat sahabat gua akan meminjamkan gua novel yang enggan mereka baca .
dari sanalah gua sangat suka dengan bacaan ,terhipnotis dan akhirnya ikut menulis tentunya dengan gaya bahasa gua sendiri .
mungkin belum banyak orang yang tahu ,dan lagipula melihat beberapa penulis dan gaya tulisan mereka ,gaya tulisan dan isi tulisan gua belum ada apa-apanya .hehe
jadi yah ini masih gua jadikan hobby aja ,belum gua realisasikan .
sebelum raditya dika booming dengan blognya ,gua udah lebih dulu punya blog dan nulis nulis disini .yah ,jadi blog itu bukan barang baru buat gua :)


"bapak kamu penulis ya ?"
"kok tau ?"
"soalnya kamu udah nulis nama kamu dihati aku"
eeeeeaaaaaaaaa
kenapa jadi gombal ?jahahaha
oke sekian postingan gua kali ini
salam olahraga !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar