Sabtu, 10 Desember 2011

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)

ini adalah kali kedua saya dan team ikut turun ke lapangan bersama petugas imunisasi Puskesmas II denpasar barat untuk melakukan imunisasi ke sekolah-sekolah dasar di daerah denpasar .
hari itu saya dan team pagi-pagi sekali berkumpul di puskesmas II denpasar barat untuk me-review data ,baik jumlah vaksin ,jumlah jarum suntik ,dan jumlah anak yang akan diimunisasi .
lembar data mengatakan ,hari itu tujuan kami adalah SD 15 Dauh Puri yang berada di seputaran jalan sudirman ,denpasar .
sekitar 160 anak yang menjadi target imunisasi ,dikhususkan pada kelas 1 ,2 dan 3 .
saya dan team kemudian menyiapkan perlengkapan imunisasi ,mulai dari lembar data ,surat koordinasi ,vaksin DT untuk kelas 1 ,vaksin TD untuk kelas 2 dan 3 ,160 jarum suntik ,safety box ,ringer laktat infuse ,alkohol 70% ,kapas DTT ,dan cold box tempat vaksin .
sekitar pukul 09.00wita ,saya dan team naik ke ambulans ,dan menuju SD yang menjadi tujuan imunisasi kita hari itu .

seperti BIAS sebelumnya ,saat turun dari ambulans ,karena saya dan team menggunakan seragam putih-putih ,siswa SD yg menyadarinya mulai gonjang-ganjing ketakutan ,bahkan ada yang menangis .
saya kemudian masuk ke ruang kepala sekolah untuk koordinasi dan menunggu guru-guru mengumpulkan siswanya yang akan diimunisasi .
singkat cerita saya dan team masuk kekelas ,kemudian mulai memasukkan vaksin ke jarum suntik .anak-anak dikelas mulai ribut ,dan berteriak kemana-mana .
wali kelas mengkomandokan mereka untuk membentuk barisan .
dan satu persatu mereka mulai diimunisasi ,lucu ,ada yang takut ,ada yang berteriak ,menangis ,meronta .dan dengan keputusan team bersama ,wali kelas membantu untuk memegang siswa siswa berikutnya agar tidak berontak .
dibarisan saya ,ada seorang anak kecil ,cantik ,mengamati saya mulai dari menyedot vaksin sampai menyuntikkannya ke siswa yang lain .
kemudian saya mendekatinya ,dia masih kelas 2 ,dan namanya sabrina .
"suster suster ,sakit ga ?" tanya sabrina cemas .
"engga sayang ,sakit sedikit kaya digigit semut ,janji kalo sakitnya banyak kamu boleh cubit suster" saya berusaha meyakinkannya .dan kemudian dia mencubit lengan saya .
"kaya gitu suster ?" dia bertanya lagi
"iya ,kaya gitu ,janji ga sakit"
kemudian tiba saat giliran sabrina .dia meminta dipeluk ,wali kelasnya mendekatinya ,sabrina menolak lalu berjalan ke arah saya
"aku mau dipeluk suster aja" .
saya tersenyum dan menyiapkan lengan sabrina ,saya memeluk sabrina dan tugas menyuntik dilakukan oleh team yang lain .
ya ,saat sabrina memeluk ,saya membisikkan sesuatu yang menjadi kunci bagaimana ketika akan disuntik "jangan diliat jarumnya ya"
tidak sampai 30detik ,sabrina telah berhasil diimunisasi .dia tersenyum dan wajahnya lega .
"sakit ga sabrina ?" saya bertanya tersenyum ke arahnya
"engga ,bener kata suster ya"
dia berlarian keluar kelas dan saya melanjutkan tugas imunisasi pada siswa yang lain .bahkan wali kelas mereka tersenyum pada saya dan mengucapkan terima kasih .
team pun juga menggoda saya dengan julukan "ibu peri kusuma"
hahahahahaa
selesai sudah .
jadi ,kalian sudah kebal akan penyakit dipteri dan tetanus :)
yang baik ya anak-anak !
pengalaman yang menyenangkan .seperti muda kembali

1 komentar:

  1. I all the time used to read piece of writing in news papers but now as I am a user of net thus from now
    I am using net for content, thanks to web.

    My web site :: suntik pemutih ()

    BalasHapus