Senin, 12 Desember 2011

kebijakan dan pro-kontranya

mohon maaf sebelumnya saya sangat lancang membicarakan suatu kebijakan pemerintah disini .diblog pribadi saya .yang menjadi pertimbangan saya mengapa mengambil topik tulisan saya kali ini adalah "kontradiktif jampersal" adalah karena saya sendiri akan banyak bergelut dengan kebijakan pemerintah yang satu ini .
apasih itu jampersal ?kepanjangannya jaminan persalinan .
yang saya tahu sejauh ini dari setiap kerja lapangan saya ke pusat-pusat pelayanan kesehatan ,jampersal adalah kebijakan dimana warga yang kurang mampu ,diberikan keringanan untuk melahirkan secara cuma-cuma atau gratis .
disini ,dari sudut pandang warga yang kurang mampu ,saya sangat setuju dengan adanya jampersal ini .karena sangat membantu warga kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik .menimbang biasanya warga yang kurang mampu karena alasan ekonomi ,mereka memilih untuk melahirkan didukun yang tingkat PI (pencegahan infeksi)-nya kurang .
jadi ,jampersal membantu warga yang kurang mampu untuk tetap mendapat pelayanan kesehatan di tempat yang seharusnya tanpa harus memikirkan biaya .
untuk mendapatkan jampersal sendiri ,saya kurang tahu surat-surat apa saja yang perlu disiapkan .karena setiap tempat pelayanan kesehatan yang menerima jampersal ,memiliki kebijakan yang berbeda .
di sisi lain ,jampersal juga menurut saya memiliki kelemahan (menurut yang saya amati) .
belakangan saya sempat melihat dilapangan ,bahwa melahirkan dengan operasi yang biasa disebut dalam dunia medis secio caesarea ini juga melayani jampersal .
jika bertemu dengan hal ini ,tidakkah akan sangat menjadi kontra ?
saya sempat berbincang dengan seorang dokter spesialis obstetri dan gynecologi ,dan menanyakan bagaimana operasi sesar dengan jampersal itu ?
jadi pernah suatu ketika saya sedang bertugas di poli kebidanan Rumah Sakit XXX ,dan ada seorang ibu yang kurang mampu dengan surat-surat persyaratan jampersal datang dan ingin melahirkan dengan jalan operasi .yang berwenang di poli kebidanan akhirnya menjelaskan bahwa jampersal untuk operasi sesar ini ,tidak ditanggung sepenuhnya karena ada beberapa obat anastesi (bius) yang tidak ditanggung pemerintah .sehingga resiko kesembuhan setelah operasi itu sangat tinggi .namun ,melahirkan dengan operasi sesar menggunakan jampersal diperbolehkan apabila pasien hamil dengan masalah ekonomi dan ada indikasi untuk melahirkan dengan operasi sesar (ada beberapa kasus yang memang tidak boleh melahirkan normal) .
jika tanpa indikasi ,tetap menggunakan jampersal untuk operasi sesar ,ada resikonya .menimbang operasi sesar sendiri biayanya tidak sedikit ,tidak seperti melahirkan secara normal .karena operasi sesar memerlukan perlengkapan bius dan jahitan .
menurut beberapa keterangan ,operasi sesar menggunakan jampersal ini menggunakan benang menjahit yang kualitasnya kurang ,sehingga untuk masa penyembuhan pasca operasi menjadi lebih lama .
bukan hanya melahirkan dengan jalan operasi saja yang beresiko ,melahirkan normal pun juga ada resikonya .dan petugas pelayanan kesehatan harus bertanggung jawab atas dua nyawa sekaligus secara cuma-cuma .
tingkat penularan infeksi di ruang persalinan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ruang pelayanan kesehatan yang lain .jadi apakah pemerintah akan memberikan nol rupiah untuk pekerjaan beresiko seperti ini ?saya rasa tidak .
selain itu ,yang saya kurang paham adalah ,dengan adanya jampersal ,warga yang kurang mampu lebih sering memiliki anak sehingga "banyak anak" dengan keadaan ekonomi yang kurang bisa saja berdampak pada pertumbuhan anak-anaknya yang kurang terpenuhi nutrisinya ,pendidikannya ,dan akan menjadikan sumber daya manusia yang kurang berkualitas .karena untuk satu anak saja ,biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit .
maaf ,disini saya bukan mendiskriminasi status sosial antara "kaya" dan "kurang mampu" tapi saya disini bermaksud memikirkan bersama ,bagaimana jika hal tersebut terjadi (atau mungkin sudah terjadi) ?
saya berharap pemerintah bisa memberikan kebijakan atas kebijakan yang satu ini .karena sekali lagi ,melahirkan adalah proses yang sangat wajar ,normal ,fisiologi namun akan sangat mudah menjadi patologis atau darurat apabila penanganannya tidak secara benar dan tepat ,sebab melahirkan adalah hal normal yang beresiko dimana akan bergelut dengan dua nyawa sekaligus .
sekian pembahasan jampersal menurut saya .
mohon maaf apabila ada beberapa kata atau bahkan kalimat yang mendiskriminasi atau membuat beberapa pihak tersinggung .
saya hanya berkenan untuk menuliskan keingintahuan saya terhadap kebijakan pemerintah yang satu ini ,apabila ada masukan atau sebagaimana mestinya ada yang harus saya perbaiki ,silahkan meninggalkan komentar tanpa adanya pertikaian pendapat .
terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar