Minggu, 16 Agustus 2015

BAKTI SOSIAL RS BALIMED KARANGASEM, 16 AGUSTUS 2015


MENYAMBUT KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA. SUDAH SEBERAPA #INDONESIABANGET KAH KALIAN ?

Hari ini,  minggu 16 agustus 2015, saya bersama beberapa orang tenaga kesehatan Rumah Sakit BaliMed Karangasem mengadakan kegiatan bakti sosial di daerah Selat Karangasem. adapun tujuan kami mengadakan bakti sosial ini selain untuk tujuan publikasi dan promosi, menurut saya, bakti sosial di saat euphoria hari kemerdekaan ini adalah bentuk perwujudan #IndonesiaBanget versi yang bisa saya lakukan. bakti sosial yang akan diadakan berupa pengobatan dan pemeriksaan oleh dokter secara cuma-cuma kepada warga setempat. jadi pagi ini, kami berangkat menuju desa Selat Karangasem (30 menit dari kota amlapura) dengan enam mobil. panitia yang berperan kira-kira 20 orang (termasuk bagian marketing dan tenaga kesehatan terkait). kami berangkat pukul 08.00 waktu setempat, sudah lengkap dengan perlengkapan seperti kursi untuk pasien, meja pemeriksaan, tensi meter, obat-obatan, alat injeksi dan konsumsi panitia. Happy us, karena direktur Rumah Sakit kami dengan humble-nya ikut turun langsung mendampingi kami. jadi beginilah perjalanan kami.



perjalanan menuju desa sukaluwih, kecamatan selat, kabupaten karangasem. fyi, desa ini berada tepat di lereng gunung agung ( gunung tertinggi di bali)

kondisi bale banjar tempat warga akan dikumpulkan untuk melakukan pengobatan dan pemeriksaan gratis oleh tim kami. dan persiapan pun dimulai.

dimulai dari pemasangan spanduk dengan logo Rumah Sakit kami, kemudian dibantu oleh bendesa adat desa sukaluwih, beliau membunyikan kul-kul untuk mengumpulkan warga dan memberi pengumuman kepada warganya bahwa sedang diadakan pemeriksaan dan pengobatan gratis di bale banjar ini.


persiapan sebelum warga berdatangan ke tempat kami. persiapan meja pendaftaran, meja pemeriksaan tanda vital, kemudian meja konsultasi dengan dokter dan meja pengambilan obat.
dan, #IndonesiaBanget sebentar lagi akan dimulai.

proses pemeriksaan tanda vital sekaligus anamnesa awal oleh petugas medis (perawat dan bidan) 

proses pemeriksaan dan anamnesa lanjut oleh dokter umum terbaik kami. Dr. Satria Wijaya, S.Ked

pemeriksaan oleh dokter umum juga dilakukan dimeja satunya untuk mempercepat proses pemeriksaan. bersama Dr. Kardika S.Ked

setelah melakukan pemeriksaan oleh dokter, dokter kemudian menuliskan resep untuk pasien. lengkap dengan nama, umur dan hasil pemeriksaan tanda vital di awal.
kemudian pasien diarahkan untuk mengantri mengambil obat sesuai dengan resep yang diberikan.

saya yang kebetulan menggantikan seorang teman dalam tugasnya di bagian farmasi bertugas untuk mengambilkan obat sesuai dengan resep yang tertulis dimasing-masing kertas pemeriksaan pasien.
jangan lupa ya, 10 benar tata cara pemberian obat ke pasien. dan pastikan pasien tidak memiliki alergi terhadap obat tertentu.

taraaaaa.. ini adalah saya yang sedang menjelaskan kepada pasien tata cara meminum obat sesuai dengan advis dokter.

semakin siang, warga yang antusias untuk melakukan pemeriksaan semakin banyak. kami sempat kewalahan, tapi justru itu yang membuat saya semakin bersemangat. pada akhirnya kami menutup dipasien terakhir kami, kemudian closing acara. berbenah dan mengakhiri serangkaian acara dengan makan bersama tepat pukul 13.00 waktu setempat.

menu makan siang kami, ditemani teh hangat manis.


se sederhana ini, tapi kami tetap bisa menikmatinya. karena suasana keakraban dan kebersamaan seluruh panitia yang telah mengerahkan upaya untuk berlangsungnya bakti sosial ini.
dengan begini bakti sosial kami nyatakan sukses.
terima kasih untuk seluruh panitia yang telah berpartisipasi, bahu membahu bekerja untuk rumah baru kami. tersesat mencari alamat, kemudian sedikit kewalahan dengan datangnya warga yang lumayan banyak, but its so much fun !
sampai bertemu di event berikutnya!
DAN JANGAN LUPA. SAMPAH BEKAS PIJAKAN KAMI, DIBAWA PULANG.
JANGAN MENGOTORI TEMPAT YANG BARU SAJA KITA JADIKAN TEMPAT BERBAGI.

JADI, SUDAH SEBERAPA #INDONESIABANGET KAH KAMU?ayo share!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar