Sabtu, 26 November 2011

the power of forgiveness


berapa kalikah anda akan memaafkan kesalahan seseorang ?
berapa kesalahan yang telah anda maafkan ?
bagaimana anda memaafkan kesalahan seseorang ?

semua adalah tentang bagaimana memaafkan kesalahan .
kekuatan dari pengampunan adalah tiada terbandingi ,ketika anda mengampuni kesalahan seseorang ,biarkanlah waktu yang akan membantu anda melupakan kepedihan karena kesalahan itu .
"kami bukanlah Tuhan ,yang mampu dengan mudah memaafkan setiap kesalahan"

biarkanlah mereka yang menyakiti anda ,dan tetaplah menjadi pengampun terbaik dimata Tuhan.
bagaimana dengan memaafkan ?
sungguh sulit rasanya memaafkan mereka yang dengan sengaja menyakiti .
tapi sangat indah ketika rasa sakit itu akan berubah menjadi kekuatan di kemudian hari .

saya ,baru di umur 18 tahun ini mampu perlahan belajar memaafkan kesalahan seseorang tanpa rasa dendam .sulit memang .tapi ternyata dendam dan pembalasan rasa sakit akan mendatangkan sejuta masalah daripada memaafkan jauh didalam hati .

saya akan bercerita tentang seorang perempuan berhati emas ,berwatak baja dan memiliki ketulusan memaafkan .
perempuan ini bernama deviana ,dia adalah seorang penjual minuman anggur di sebuah pub kecil didesanya .deviana pekerja keras ,ia sudah lama hidup sendiri didunia ,bahkan semua masalah di hidupnya ini ia jinjing sendirian .
deviana bukanlah gadis cantik ,ia hanya gadis biasa ,keras dan sulit di atur .
suatu hari deviana bertemu dengan laki-laki berkuda yang tampan ,laki-laki itu bernama ricard .
ricard jatuh cinta pada pekerja keras seperti deviana ,dan deviana sangat mencintai ricard yang gagah berani dengan kudanya .
mereka selalu bertemu sepulang deviana bekerja beberapa blok dari pub ,dan mereka selalu menghabiskan waktu untuk bercerita bersama disana .
ricard adalah seorang petualang ,malam itu ricard menghampiri kediaman deviana untuk pertama kalinya ,ricard memohon izin untuk pergi jauh ,menantang jati diri dan jiwa petualangnya .
deviana hanya tersenyum dan membiarkan ricard pergi ,sembari mengucapkan janji untuk menunggu ricard disini .ditempat ia berdiri saat ini ,meskipun sangat berat rasanya deviana melihat punggung ricard menghilang dibalik pintu .
"aku berjanji ketika aku kembali ,aku akan mengajakmu ikut bersama kesebuah pulau kecil yang aku temukan dengan aliran keringatku"
begitulah pesan ricard kepada deviana .

setelah beberapa tahun ricard pergi dan tidak memberikan sedikitpun kabar ,deviana merasa kesepian ,ia hanya memiliki ricard satu-satunya didunia ini dan kini ricard yang dikasihinya berada sangat jauh darinya .deviana sering kali meneteskan air mata dan selalu melewati blok tempat mereka sering bertemu ,sepulang bekerja .berharap ia akan mendapati ricard yang sudah siap mengajaknya ke pulau kecil seperti yang ricard janjikan .
perang saudara pun terjadi saat itu ,deviana dan penduduk disana bergeser beberapa puluh kilometer untuk mengungsi .
deviana mulai cemas semakin lama ia berada di pengungsian ,semakin lama ia tidak bisa ketempat ia biasa menunggu ricard , "bagaimana jika ricard ketempat itu dan tidak melihatku disana ?" "bagaimana jika ricard sudah siap menjemputku tapi tidak dapat menemukanku?"
berjuta pertanyaan dan kecemasan timbul dibenak deviana .ia kemudian melupakan keselamatannya untuk pergi ke tempat ia menunggu ricard ,disana sedang terjadi perang saat itu ,suasana disana masih mencekam dan sepi .
betul saja ,kuda ricard menghampiri deviana ,membawa sepucuk surat dan bungkusan kecil .

maafkan aku membuatmu lama menunggu ,aku telah lama menemukan duniaku dan aku hampir saja melupakanmu .kuda ini aku kirimkan untuk menghantarkanmu ke tempat terbaik ,tapi tidak lagi bersamaku ,aku dan duniaku disini tidak membutuhkanmu lagi ,terimakasih untuk penantianmu dan maafkan aku atas kesakitan yang akan kamu rasakan setelah membaca ini .aku telah menemukan seseorang yang mendampingiku dengan kebahagiaan disini ,belajarlah melupakanku ,sebelum itu kumohon maafkan lah aku .... -ricard-


deviana tertegun ,ia meremas surat itu dan mengusir kuda milik ricard ,ia marah ,merasa sakit dan menangis tertunduk ,begitu sakit yang ia rasakan .ia hanya bisa menyeka air matanya dengan bajunya .dan terdengar suara suara ledakan dimana mana .suasana kembali mencekam .
kemudian deviana membuka bungkusan yang ricard berikan ,botol kecil dengan cairan berwarna biru gelap didalamnya ,dan secari kertas bertuliskan pesan
jika kamu telah memaafkanku ,minumlah ini
deviana berdiam diri ,ia berusaha menghentikan air matanya yang terus mengalir pedih .jauh didalam lubuk hatinya ia sangat mencintai ricard .dan kemudian deviana tersenyum ,ia akan memaafkan ricard ,apapun kesalahan ricard .
deviana mulai tenang ,membuka tutup botol kecil tersebut dan menenggak habis cairan biru didalamnya ,tak lama kemudian deviana terkapar ,ia tersenyum merasakan sengatan listrik disekujur tubuhnya ,ini racun ,ia baru menyadarinya .
detak jantung terakhir deviana menghantarkan senyum termanisnya .dan itu artinya ia sudah memaafkan ricard dengan sejuta kepedihan yang ia bawa kerumah terakhirnya .

"aku ingin kau segera memejamkan matamu ,karena aku tidak ingin berlama-lama menyakiti hatimu dan hidupmu ,terimakasih telah memaafkanku meskipun membuatmu pergi untuk selamanya" ucap ricard sembari melihat kelima anaknya bermain didepannya .





ini adalah cerita tentang cinta sejati ,ketulusan ,dan yang terkutip disini adalah kekuatan pengampunan .
begitu besar pengaruh cinta kasih terhadap pengampunan yang diberikan ,tanpa cinta mungkinkah seseorang rela mengampuni setelah merasakan jutaan kesakitan ?
kekuatan memaafkan akan membuat anda tersenyum kuat ,kuat menahan kesakitan karena anda telah berhasil mencintai pengampunan itu sendiri .
anda tidak akan pernah tahu ,seberapa menderita perasaaan bersalah ricard ,daripada penderitaan deviana yang sudah terkubur rapi didalam senyumannya .
maafkanlah semua kesalahaan yang mereka lakukan padamu ,meskipun di waktu terakhir anda sekalipun .mereka yang memaafkan ,akan lebih banyak memiliki senyum abadi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar